Belajar Bisnis


“Lagi pengen ngobrolin tentang pendidikan ni. Rindu berat saya ke sekolah. Setelah  genap 1 bulan 16 hari. 3 jam 31 menit  (belom dipotong libur hari minggu) saya menjadi mantan guru *hedehh sedih nggak ketulungan. Nangis tutup muka pake wajan (?). Sebabnya keputusan kembali hijrah dari Aceh tanah lon sayang ke Palembang alias kampung halaman.  Menjadikan saya rindu setengah roti eh hati dengan hal-hal berbau buku, sekolah, murid, persiapan bahan mengajar dll. 

And Here I am. Jobless.

Ah tapi kalau mau ngedepankan positif thinking. Banyak hal yang bisa dilakukan. Kita nggak-maksudnya-saya ini bisa melakukan hal-hal positif. Examplenya belajar Masak (sesuatu yang dulu pas ngekos hal terberat saya lakukan) dan ketika saat ini nggak tau mau ngapain. Tiap hari saya tetap menjadi guru, dan bersekolah.  Ya sekolah di Dapur. Jadi Guru sekaligus murid buat diri pribadi. Dan mata pelajarannya adalah Memasak  *beda tipis antara positif thinking dan usaha membesarkan hati huhuh”

Tulisan Diatas adalah curhatan saya saat merasa ‘Culture shock’. Halah. Dan Alhamdulillah semua itu sudah terlewati. Sekarang saya sedang membuka usaha bisnis kecil-kecilan. Insyaallah masih berhubungan dengan dunia pendidikan. Saya membuka Bimbingan Belajar tingkat SD. Namanya Matahari. Tidak bermaksud menyerupai sebuah pusat perbelanjaan modern dan besar itu. Sejarahnya nama tersebut bermula saat saya melihat bunga Matahari di halaman rumah tetangga yang berbaris rapi terus menghadap Matahari sesungguhnya. Kita tahu Matahari adalah sumber energi terbesar bagi makhluk bumi (pelajaran science kelas 3 ni). Matahari dengan kemampuannya yang super dahsyat itu memberi kebutuhan makhluk hidup. Tumbuhan butuh sinarnya untuk proses Fotosintesis.   Manusia lagi-lagi. Tak usahlah saya jabarkan bagaimana ketergantungannya manusia akan benda langit yang satu itu.  Nah, saya ingin sarana bimbingan belajar ini menjadi kebutuhan terbesar bagi para siswa. Ia memberi energi untuk menimba, membutuhkan ilmu sebagai modal menjadi sebaik-baik manusia. Bimbingan Belajar Matahari ini semoga bisa menyinari para siswa dengan ilmu-ilmu pengetahuan yang berguna bagi mereka.  Mudah-mudahan sarana ini jua menjadi pengasah kemampuan managerial, kemampuan bisnis. Dan tak lupa kemampuan saya menstansfer ilmu. Anak-anak SD itu lucu-lucu loh. Kapan-kapan saya cerita ya J

Tentang deapratini

......
Pos ini dipublikasikan di My Diary, Pendidikan.. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

