24 jam Random


05.30  Kamar Kos

Sabtu, jadwal saya mengajar ada. Tapi saya absent. Bangun ketika azan subuh berkumandang setelah semalaman saya sulit tidur. Beberapa kali saya terjaga, dan hanya memindahkan posisi tidur.  Subuh saya dapati kepala pusing sekali. Setelahnya baru baca Alhamdullillah hildazi ahyana bakdama amatana wailaihinnusyur. Saya bangunin adik kos buat solat subuh. Saya lagi nggak sholat. Dan Nggak bisa beranjak dari  ranjang, sebeb sakit kepala ini. Lepas subuh saya mintai Ulan (adik kos) buat ngurutin kepala. Lumayan enakan. Sudah 6 hari ini panas di Banda Aceh luar biasa. Saya orang yang tak terbiasa dengan kipas angin. Tak begitu membutuhkan. Karna memang udara dikos cukup adem. Namun belakang saya selalu kebanjiran keringat apalagi malam. Dan solusinya kipas angin yang lama tak difungsikan. Saya pergunakan. Nonstop semalaman. Yang tiap pagi berujung saya jadi masuk angin.

Sabtu. Sakit kepal. saya nyaris tak keluar kamar. Pekerjaan saya tidur. buka laptop. Baca. tertidur di depan laptop. Bangun cuci muka. Nonton Running Man. Baca lagi. Dan tidur. Dan itu sepanjangan hari yang saya lakukan.  Hingga magrib. Tak produktif, tidak juga yang saya baca adalah blognya pak Rhenald Kasali.disini rhenald-kasali.blogspot.com/ Saya banyak mendapati perseptif beliau tentang pendidikan yang membuat kepala saya angguk-angguk (nggak ditambang dengan geleng-geleng.itu lirik lagu :D). Orang-orang besar seperti beliaulah yang saya kagumi. Tulisannya tentu kebanyakan berbicara tentang pendangannya tentang ekonomi sosial. Tapi bagi saya yang berlatar pendidikan ini tak sulit untuk memahami pandang-pandangannya tentang bidang tersebut. Saya suka dengan cara pak  Rhenal menyebutkan generasi-generasi dengan istilah keekonomian (lebih tepatnya teman-teman bisa baca di blognya disini. ( Jadi kamu sakit kepala atau sakit hati sih ?). Dan begitu kegiatan saya sampai menjelang magrib

 

18. 30.

Niat mau bersih-bersih wajah tapi air kran nggak keluar-keluar.  Nunggu sampe isya. Baiknya saya ngebungkus kado. Besok di Rumcay ada agenda tuker kado. Numpukin dua buku dan dibungkus pake koran, 2 menit dah kelar.  Inget-inget kado. Bulan ini banyak banget temen-temen yang kasih kabar bahagia. Khatijah (temen kampus dulu) ngesms yang bikin gue ngakak di angkot isinya begini “ DEAAAAAAAAAAAAAAAA. Anakku udah lahirannnnnnnn ni. “ A nya itu lebay, dan berlebihan, kayak orang teriak, menggilin abang jualan es cendol yang udah jauh goes sepeda karna nggak kedengeran. Dan memang begitu isi smsnya. Bener deh. Maklum si emak lagi bahagia ya. Keinget sepanjang dia hamil. Kayaknya si calon emak ini (dulu) bawaanya suntuk, dikit-dikit sms ke saya “ De apa kabar? Lagi ngapain? “ dan itu seminggu bisa sampe 4 kali.di jam yang sama pas saya lagi ngajar) ckckckck.

Dan wajarlah dia kasih kabar dengan tulisan lebay bajay ya. Saya bales sms kasih kabar itu kedia dengan “ Horeeeeeeeee, jadi juga gue jadi Tante. Salem cubit pipi buat anakmu. Moga soleh/ha (eh krucil cew atau cowok?) selalu ngebanggainmu. Sehat. Berguna bagi Indonesia Raya”. Itu tentang kebahagiann satu temen saya.

 

Satu lagi temen kampus juga, anaknya udah lahiran dan mungkin udah bisa jalan. tapi sampe hari gini saya belom kerumahnya buat nengokin ‘keponakan’ saya itu.

 

Berikutnya  sebuh seminggu yang lalu. Kakak kos saya sms. Telah lahir putra pertama kami dengan berat sekian…. Panjang sekian di rumah sakit. Salam suami istri yang sedang berbahagia. Yeee. List lagi orang yang bakal dikadoin. Dan bulan ini juga pengen ngadoin keluarga. Ngelist lagi. Keinget juga ngado temen-temen grup Sahabat Kecil di fesbuk, yang sampe hari ini belom terealisasi. Ceritanya 2 tahun yang lalu Saya ngebuat grup temen-temen SD dulu yang secara beruntun ketemu di fesbuk. Terus buat acara kecil-kecilan. Lomba Foto pasangan (buat yang udah nikah). Karena sejauh ini sih postingan di grup itu melulu isinya pertanyaan; “apa kabar”?. Nah bohlam lampu 5 watt muncul di kepala saya buat acara lomba ini. Saya admin tunggal di grup itu huhuhu. kalau inget foto-foto mereka itu bikin guek mesem-mesem. Lah Cuma 3 orang yang nggak ikut. 2 temen laki-laki saya ( yang belom nikah tapi udah berani nebengin pasangannya di PP :D) dan sang Admin sendiri. Gegege. Dan sang Admin itu dengan teganya sampe sekrang saya belom ngasihin kado.

 

Ini cerita panjang tentang Kado dan list men-list. Air kran udah ngucur. Saya kudu cuci muka.

 

21.00. leyeh-leyeh di meja makan.

Malam minggu. Kebanyakan orang keluar rumah jalan-jalan dengan siapa, keluarga. Temen. Atau yang didemenin. Untuk yang ketiga bukan hal yang saya setujuin. Dan malam minggu jatah saya buat nelpon para pemilik hati yang selalu dirindui. Keluarga.

Pertama saya telpon Ayuk (saudarai kandung). Cerita tentang anak semata wayangnya. Kabar. Keluarga besar. Para uwak dan oom yang sudah beli mobil baru (nggak ngiri). kelar.

Lanjut nelpon Ayah, ummi 2 adik-adik saya. Secara formal pasti yang tanya perihal kabar, sudah makan atau belom bla..bla..bla. nggak terasa sudah jam 23.00.

 

23.00. Melototi LepNi

Menikmati kebiasaan. Membaca blog orang. Tapi nggak dapet. Dan saya kembali melanjutkan tulisan pak Rhenald Kasali di web Rumah Perubahan. Banyak pencerahan yang saya dapat. Tentang segala persepsi dan perspektif beliau tentang perekonomian dan kehidupan. Mungkin mulai sekarang saya bisa menjadi fans beliau tentang pendidikan. Baca-baca dan terus membaca. Saya masuk kek web Kompas. BBC, blognya Dan Brown dan tak terasa sudah sampai jam 3 dini hari. Mata sudah mulai ngantuk.

05.00

Bangun. Masih kurang baik. Karna memang sulit tidur. Ambil hp. Sms ; “ ibu saya masih kurang sehat, hari ini saya absent tidak hadir kesekolah. Mohon izinnya” sent ke nomor Kepsek.

 

Tentang deapratini

......
Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

