Es Mos I


“Ibu guru juga manusia”. Kalimat pembelaan bagi diriku. Hari itu aku marah pada mereka. Sebelumnya aku  tak pernah marah. Sekali pun. Maka ketika aku marah, yang terjadi adalah tanganku gemetar. Kumasukkan kedalam saku jas seragam putih yang aku kenakan. Agar tak nampak kalau aku tak biasa marah. Aku pindah posisi. Dari berdiri di samping meja. Duduk di kursi. Aku menghela nafas. Aku tak ingin marah. Karena itu hanya akan membuang energi. Aku tau. Tapi anak-anak ini sudah entah kali ke berapa aku menegurnya. “Jangan ganggu temanmu yang sedang belajar, tolong diam sebentar”.

Sangat sulit sekali mengendalikan anak-anak kelas IX.

Aku membebaskan mereka belajar dalam posisi apa pun. Menggelesor di lantai, duduk di kursi. Menyerahkan kebebasan pada mereka membuat perubahan posisi kursi atau meja sesuai keinginan dan kenyamanan mereka. Namun aku tidak mentolerir jika kelas menjadi berisik tak berbobot. Tangan-tangan jail, lisan-lisan yang mengerumpiin hal yang tak ada hubungannya dengan pelajaran. Akan memcah konsentarsiku menjelaskan materi. Dan itu bukan sekali dua kali terjadi. berulang kali mereka gaduh tak penting. Pernah kusinggung pada mereka:

“mau nggak kalian jadi personil demo, suara-suara kalian tuh mendukung buat teriak-teriak di simpang lima, tempat para abang dan kakak mahasiswa demonstrasi, nggak perlu bawa TOA. Suara kalian kan hampir rata-rata lantang, gede ngelebihin TOA.”

atau

“heyyy. come on. kelas kita bukan pasar pagi ya”

atau

“ada yang jual ikan disini, atau tukang Obat. Ayolah miss cuma mau jelasin nggak sampe 15 menit.

Tentang deapratini

......
Pos ini dipublikasikan di My Diary, Pendidikan.. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

