Indonesia language would be Internasional language, Can U Imagine it? hihihi


Dulu saya sempat kepikiran Mengapa bahas internasional adalah bahasa inggris? Dari mana sejarah ditentukannya bahasa persatuan komunikasi internasional penghubung ragam bangsa adalah Inggris. Mengapa tidak Bahasa Indonesia yang menurut ‘research’ saya adalah bahasa yang paling mudah untuk dipelajari. Tak memerlukan grammar. Hal ini pernah di lontarkan oleh rekan mengajar saya berkewarganegaraan Turki,  “Indonesian language is very easy, without grammar”. Maka cukup dengan 2 bulan saja ia sudah begitu mahir sekali dengan bahasa Indonesianya

Dulu saat awal-awal bagian akademisi di kantor saya itu tak bisa bahasa Indonesia sedang bahasa Inggrisnya pun masih sulit untuk saya pahami. Maka sering kali dalam komunikasi kami yang menyangkut permasalahan anak murid yang kami bicarakan sering terjadi misunderstanding. Maka satu-satunya solusi yang keluar antara kami adalah bahasa tarzan. Namun selang sebulan kemudian beliau sudah sangat mahir sekali berbahasa Indonesia bahkan bahasa gaul kita pun ia kuasai semacam lebay, jijay, “oya?”, “ah, masak sih?”. Bahkan gayanya berbicara sudah seperti orang Indonesia kebanyakan. Ngelucunya juga.

Pernah saat saya merekap nilai para siswa dan saya pikir saya adalah Teacher yang paling amat sangat telat memberikan nilai padanya (beliau yang mengakumulasi dan mengurutkan nilai siswa dalam setiap pelajaran). Ya disekolah tempat saya mengajar nilai tertinggi bagi seorang siswa didapatkan dengan mengurutkan nilai tertinggi berdasarkan urutan tertinggi seluruh siswa dalam satu tingkatan kelas.

Dengan harap-harap cemas agar tidak diomeli saya serahkan nilai seluruh kelas pada beliau. Sangat tepat sekali, saat saya sampai di depan ruangannya dan hendak mengetuk pintu kantornya beliau keluar ruangan. Dan surprise-nya

“Masyaallah The most of ontime teacher ya? Great”

Saya heran

“Sir, are u Kidding? I thinks its very…very and so very late”

“oh  Miss Dea, bukannya saya baru menelpon anda 15 menit yang lalu?”

“tapi besokkan bagi raportnya pak?”

“so….”

“ apakah anda akan bergadang malam ini, for finish it from all student, from all class, from all lesson, I cann’t imagine”

its okey, no problem. You know what miss? You are the first teacher give the mark that I need it”

heeee

Namun mimpi dan pikiran saya tentang bahasa Indonesia yang menjadi bahasa internasional bukan hanya sekedar angan-angan. Kemarin siang saat ada wali murid saya yang berkewarganegaraan Korea datang menjemput anakanya. Beliau mengunjungi kantor saya. Ia hendak mengantarkan makan siang anaknya. Lalu ada pula istri bagian administarsi di sekolah saya yang berasal dari Turki dan baru saja melahirkan anaknya di Aceh Indonesia (maka si anak yang tanpa ada keturunan Dara biru Aceh) Di beri nama olehnya dengan Teuku Jamal, hihihi. Aceh banget ya… ngga ada berasa Turkinya sekali pun. Dua orang yang berasal dari negara luar yang berbeda itu sama-sama tak mahir berbahasa Inggris.

Si Korea tak bisa berbahasa Turki. Begitu juga dengan si Turki tak bisa berkomunikasi dengan bahasa Korea. Jangan tanya tentang bahasa Indonesia yang mereka kuasai, hanya sepatah 2 patah kata saja yang bisa mereka lontarkan dalam berkomunikasi. Tapi yang membuat saya salut dengan keduanya, mereka justru memilih secara spontan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia. Sangat mendengarnya terharu dan geli saat logat-logat asal Negara masing-masing sangat masih kental di lidah mereka. Saat melafalkan kata-kata dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Indonesia for them, for that time has been be Internasional languange

Tentang deapratini

......
Pos ini dipublikasikan di My Diary, Pendidikan.. Tandai permalink.

2 Balasan ke Indonesia language would be Internasional language, Can U Imagine it? hihihi

  1. Abed Saragih berkata:

    izin baca-baca ya 🙂

    http://www.disave.blogspot.com

    Salam Blogger 🙂

Tinggalkan Balasan

