I Hate Cigarette


Bagi saya. salah satu laki-laki dikatakan terkategori penyayang adalah: Dia bukan perokok.  Ya kau tau sendirilah. Bagaimana dia mau menyayangimu jika dengan tubuhnya sendiri ia kerap menzdoliminya. Bahaya bagi sang perokok sudah sangat jelas. Sang perokok pun saya menyakini pasti, sangat tau sekali tentang ini. Di tiap bungkus rokok sudah jelas tertulis.

MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN”.

Ah kalau mau dihitung begitu  lebih sangat bermanfaatnya uang-uang yang jajankan untuk rokok itu dialihkan ke hal-hal yang lebih useful.

Baik, mungkin saya cukup terbilang rajin kali ini untuk mengkalkulasikan uang rokok. Dan kita mencoba untuk mengambil harga Rokok dari merek tertentu itu yang kisaran perbungkusnya Rp 11. 000. Kebanyakan para perokok ringan maupun berat akan menghabiskan 1 sampai 2 bungkus rokok perhari. Baik kita ambil saja yang 1 bungkus perharinya. Rp 11. 000 x 365 (setahun)= Rp 4. 015. 000.  kalau di kalikan dengan 4 tahun pasarannya mahasiswa selesai kuliah, Rp 16.060.000. Atau bagi Suami yang Pegawai Negeri biasa, yang umumnya perlu waktu 10-12 tahun untuk bisa membangun rumah sederhana bagi keluarganya. Maka uang yang terkumpul bisa mencapai Rp 48.180.000. Bayangkan Nilai rupiah yang tidak sedikit itu sangat sia-sia sekali terbuangkan demi benda yang lamat lamat merenggut nyawa. 

Bahkan jika Paru-paru yang terzolimi itu harus diperiksa ke Dokter. Maka dana yang dibutuhkan akan semakin jauh melesat alias deretan angka nol di belakang titik rupiah semakin panjang berderet. hedeuhhh.

Ya meski para pengusaha rokok tetap keukeh memproduksinya dengan menggantikan rokok bahaya dengan rokok herbal. Meski juga pemerintah sulit berkutik karena sektor industri rokok adalah penyumbang terbesar kas negara ketimbang sektor industri lain. Dilema.:(.

Bahaya rokok pula mengancam para manusia sekeliling yang tidak merokok atau sering disebut dengan perokok pasif, dan bahkan lebih besar bahayanya.

saya bukanlah ahli matematik yang handal mengkalkulasikan rupiah-rupiah kerugian dari produksi tembakau ini. saya juga bukanlah ahli kesehatan yang bisa memprediksi bahaya rokok bagi para perokok pasif maupun aktif. Saya hanya masyarakat umum biasa yang sedikit kurang, mengamati dampak -dampak terburuk dan kerugian yang akan ditanggung oleh kita semua sang perokok pasif  pun perokok aktif. Tulisan ini hanya berasal dari kacamata saya yang begitu anti sekali dengan perokok-perokok yang kebanyakan sulit untuk sadar akan lingkungannya yang kerap terdzolimi oleh mereka.

lalu. Siang tadi seorang wanita single parent yang mempunyai 3 orang anak. Dan kebetulan beliau adalah tetangga dimana saya tinggal.  Sang  kakak (begiti saya menyapanya) Menghampiri saya bercerita tentang usaha kios kecil-kecilannya itu mulai tersendat. Beliau butuh modal agar usahanya mulai kembali lancar. Agar ‘Asap dapur’-nya juga mengepul. Dengan kata lain, beliau meminta bantuan pinjaman kepada saya.

Baik, dan saya mau meminjamkan uang kepada beliau, tapi dengan satu syarat: “kakak jangan jual rokok ya?” pinta saya.

*note: jika kelak saya akan ditanya salah satu kriteria laki-laki pilihan saya adalah : He isn’t smoker

Tentang deapratini

......
Pos ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

4 Balasan ke I Hate Cigarette

  1. Fikri berkata:

    Bahkan, perokok yang tidak sedang menghisap rokok pun tetap berbahaya. Sisa-sisa racun yang menempel di baju dan badannya dapat berpindah ke dalam tubuh orang-orang terdekatnya jika tidak dibersihkan sampai benar-benar hilang. :ngeri:

  2. Jeannie berkata:

    Saya juga tidak suka dengan perokok, karena selain mencelakai diri sendiri juga keluarga dan orang di sekitarnya sebagai perokok pasif. Syarat suami menikah dengan saya dulu adalah berhenti merokok. Syukurlah, sampai sekarang belliau sudah tidak pernah merokok lagi.

Tinggalkan Balasan

