Yang berserakan


Banyak hal yang ingin saya tulis. Tentang curhatan anak didik saya yang hasil research -nya diplagiat oleh temanya sendiri, yang membuatnya benar-benar sakit hati. Karena dia merasa sudah berkorban banyak untuk sebuah penelitian itu. Berkorban waktu, berkorban ketinggalan-jam-jam pelajaran yang berefek pada nilai-nilainya yang anjlok. Berkorban perasaan saat dosen yang membimbingnya tak begitu optimal membimbing namun dibayar dengan ‘optimal’ oleh anak didik saya. Berkorban Materi jutaan rupiah dari uang sakunya sendiri. dan berkorban lain sebagainya. Lalu saya ingin sekali menuliskan kesedihanya yang pernah ia tumpahkan pada saya di teras perpustakaan sekolah tempo hari. ingin sekali. Tapi pikiran saya masih tersumbat pada: ‘dari mana saya harus memulai’ .

Lalu saya juga ingin menulis bilangan karya saya yang regres. Saat saya melihat jumlah tulisan di bulan Agustus yang bertotal 24 namun menurun di bulan berikutnya yang hanya berjumlah 20 tulisan yang hadir pada bulan itu. Dan ini adalah kemunduran. Saya benci dengan kemunduran. Saya ingin menulis perihal kemunduran itu.  Dengan dendam kebaikan yakni : bilangan total tulisan saya pada bulan ini harus melampaui angka 24.

Saya juga ingin menulis tentang sebuah proyek sederhana kami (saya dan anak didik saya), terkait teman dunia maya saya yang salah satunya bagian dari Pengajar Muda di Indonesia Mengajar. Sebuah bingkisan sederhana kami yang alhamdulillah sudah sampai di Halmahera selatan. Saya ingin menulis luapan bahagia itu, Saat teman saya mengsms “Dea terima kasih banyak buat kirimannya, ni bantuan yang bagus buat anak-anakku berlatih menulis. makasih banyak…:)”. Saya bahagia saat bisa berbagi, berbuat untuk pendidkan negeri (ciee, lebai dikau De). Iya dan saya bahagia melakukan itu. meski sederhana. Lalu saya ingiiin sekali menuliskan rasa bahagia ini. Namun sekali lagi tersumbat pada: “dari mana saya harus memulai…”.

AH, ya…aku hanya ingat, bahwa: kau hanya perlu memulai dari kata yang ada dalam pikiranmu. Bukan dari apa yang kamu pikirkan. Maka mari memulai…:)

Tentang deapratini

......
Pos ini dipublikasikan di FLP, Kepenulisan en Me..., Pendidikan.. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

