UGM (U Get Married) part 2


Sore lepas mengajar jam 16.00. saya mampir ke sebuah warung mie Aceh. Membeli sebungkus Mie Aceh untuk makan malam (? . masih lama kaleee). Ya saya kebiasaan menjamak makan. Makan siang dan makan malam di jadikan dalam satu waktu : sore. Oke. Don’t try it at home…:D. Warung Mie aceh di seputaran Darussalam memang terbilang banyak. Tapi sudah menjadi kebiasaan saya untuk membeli Mie aceh di depan Bank BRI. Tanya kenapa: beberapa criteria saya menempatkan warung makan sebagai langganan

  1. Tempatnya kudu bersih. Sayurannya tertata rapi. Tempat ngiris atau motong sayuran nggak ada bekas-bekas sayuran yang tersisa. Dan Kiri kanan warung mie bukan tempat bengkel.
  2. Penjualnya ramah, penampilannya rapih dan bersih. Nggak perlu ganteng atau cantik plus jangan berkumis…:D
  3. Tentang rasa, tidak perlu enak. Kalau perut lapar juga toh tetap dimakan. Karena enaknya Mie aceh masih terbilang relative bagi lidah saya, bagi orang lain mungkin enak di warung si A, tapi bagi saya biasa aja. (kerana mungkin pengaruh penampilan si abang mie yang berkumis. Remember point 2).
  4. Harganya mudah di jangkau (saya piker untuk mie aceh sekitaran Darussalam masih bisa di jangkau untuk ukuran kantong mahasiswa.

Oke back to the topic terkait judul…:D

Siang itu saya memesan sebungkus Mie aceh, tanpa kecap, tanpa penyedap, banyakin sayur, jangan pake timun, no campuran acar dan kudu pedesss….hehehe. Sambil masakin mie, si abang tukang mie ngobrol  dengan saya (hal biasa, di jumpai di gerobak-gerobak tukang jualan makanan)

Abang tukang Mie           : “ Kuliah semester berapa?”

Saya                                       : “ udah selesai bang”.

Abang Tukang Mie          : “hee? Masak?”

Saya                                       : “lah kan yang lagi masak abang…:D”

Abang Tukang Mie          :” 😀 jieeeh si bocah. Maksud saya, bener sudah selesai?”

Saya                                       :” emang tampang saya boong bang?…:)”

Abang Tukang Mie          :” ribet banget ngomong dengan ni bocah, kita tanya, dia balik nanya. Ckckck.

Saya                                       :”hehehe. Meuah hai bang. Saya sudah 100% selesai kuliah”

Abang Tukang Mie          :” tapi tampang macam masih kuliah semester 6. Sudah kerja?”

Saya                                       : “ sudah bang”

Abang Tukang Mie          : “dimana?”

Saya                                       :”tuh. Di belakang mesjid putih (Nunjuk ujung jalan)”

Abang Tukang Mie          :”ooo, tempat orang bule-bule itu ya, kamu tinggal disana?

Saya                                       :”nggak”

Abang Tukang Mie          :”kamu sudah nikah?”

Saya                                       :” belom”

Abang Tukang Mie          :”kok belom? Kan udah kerja. Pasti milih-milih, ya kan? ”

Saya                                         :”di pilih-dipilih, 3 seribu-3 seribu. Di kira jualan apa. ya karena belom ketemu jodoh bang, lagian juga mesti kali ya kalau dah kerja harus sudah nikah, abang lah cariin…heee (nyengir)”

Abang Tukang Mie          :” betol ni mau saya cariin? mau yang gimana?,

Saya                                       : (mampus kau de, mampus kau de)”…emm. Yang sholeh aja bang”

Nggak lama dalam obrolan kami yang sambil nungguin kuah mie mendidih. Dateng cowok yang juga mau beli mie. Langganan mie disini juga kayaknya.

Abang Tukang Mie          :” nah sama dia aja ni, nama dia soleh…:D”

*****

 Dalam telponan dengan ayah nun jauh disana. Kami cerita buaaanyak hal dai A-Z seputar kegiatan saya, seputar kerinduan anak dan sang ayah. Cerita tentang beliau yang sebentar lagi insyaallah akan menjadi kakek. Ya kakak dan her husband  sedang menanti anak pertama mereka. Ayah berharap saya tetap selalu mendoakan sang kakak. Beliau cerita tentang limit masa tugasnya di bidang kemiliteran.  Tentang adik saya yang PKL (Praktik Kerja Lapangan) ke Jakarta. Tentang para tetangga yana akan kenduri  naik haji, serta perbincangan yang lain-lain. Sampai certita pada hal yang berbau-bau nikah. Saya agak sedikit terkejut dengan pertanyaan beliau

Ayah      : “jadi dea kapan?”

Saya       :” apanya yang kapan yah?(kura-kura tak nyambung)…”

Ayah      :”yeee, yah nyusul ayuk desi lah…”

Saya       :”lah nikah dulu lah yah, masak langsung punya anak….:D”

Ayah      :”ni bocah, emanglah ya, ya jelas nikah dulu lah. Maksud ayah, kapan dea nikah?”

Saya       :” ayahlah yang cariin, kan kewajiban ortu yang nyariin jodoh buat anak”

Ayah      :” emang zaman siti nurbaya, deal ah cari sendiri”

Saya       :”ayahlah yang cariin…ya kan yah? Ya kan … ya kan Hehehe”

Ayah      :”kalau ayah yang cariin, entar dea tak suka”

Saya       :”ya kan emang nggak harus langsung suka lah yah, kan liat dulu”

Ayah      :”alahai cari sendiri lah, yang penting jangan cari yang jauh-jauh, yang soleh, yang tau agama, jadi kalau dea melenceng ada yang ngingetin, kalau pun berbuat  salah  nggak kelewatanlah, karena hidupnya dah ada rambu-rambu agama, ayah sih pengen punya menantu yang begitu. Atau mungkin dea bisa minta tolonglah dengan kak Anton. Minta tolong kenalin dengan kawan-kawan ngajinya”

Saya       :”aihh, malu kali yah minta tolong dengan kak anton”

Ayah      :”nggak masalah lah, ngapain mesti malu. Toh kita kan mau berbuat baik”

Saya         : (pembicaraan jadi serius ni, hal yang paling buat hati nggak nyaman). “ emm. Yang penting ayah tetep doain dea ya yah?”

Ayah      :” oh kalau itu jelas  lah, tiap sholat ayah doain”

Tentang deapratini

......
Pos ini dipublikasikan di My Diary. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

